Minggu, 18 September 2011

Membuat Dompet Perca

 
-->

Alat dan Bahan:
Kain perca, jarum, benang, gunting, kain pelapis, resleting.
Cara pembuatan:
Potong kain perca dengan ukuran 4x4 cm atau 6x6 cm, potong bentuk persegi, bisa juga dipotong membentuk lingkaran. Kemudian siapkan jarum yang sudah ada benangnya. Ambil kain perca, jahit dengan menggunakan tusuk jelujur bagian tepinya. Jahit seluruh tepi sehingga membentuk seperti mangkuk, tarik jarum anda agar mangkuk mengkerut dan mengecil.

Buatlah bentuk lingkaran ini sebanyak mungkin. Kemudian satukan masing-masing lingkaran. Anda bisa menjahitnya dari dalam atau dari luar. Kekuatan dari sambungan ini tergantung dari jahitan, anda bisa mengulang jahitan 2 sampai 4 kali. Satukan lingkaran perca sebanyak yang anda inginkan. Saya menggunakan 5 lingkaran perca untuk arah horizontal, dan 7 lingkaran perca untuk arah vertical. Jadi semua berjumlah 35 lingkaran perca. Setelah semua disatukan, perca ini akan membentuk persegi panjang.


Persegi panjang ini lapisi dengan kain. Bisa dengan menggunakan kain polos. Ukurannya sama dengan persegi perca anda tadi ditambah 2 cm untuk menaruh resleting. Jahit bagian pinggir perca anda dengan kain pelapis.
Tekuk menjadi dua, maka anda akan mendapat sebentuk dompet setengah jadi. Sekarang anda bisa memasang resleting pada dompet tersebut. Anda bisa menjahitnya dengan mesin jahit, namun karena saya tidak bisa menjahit, saya menjahitnya dengan tusuk tikam jejak. Dompet ini bisa anda gunakan untuk menyimpan ponsel, atau tempat uang receh.

Salam.
Selamat mencoba.


POS TERKAIT:
Tambah penghasilanmu disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar