Jumat, 09 Mei 2014

Wirausaha untuk memperkuat perekonomian Indonesia


 



Wirausaha dilihat dari pengertiannya adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi kedalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa inovasi, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko (ketidakpastian).

Kekuatan ekonomi dunia perlahan akan bergeser dari barat ke timur. Indonesia ingin ikut menjadi Negara yang memiliki perekonomian kuat, dibutuhkan jumlah pengusaha yang besar untuk bisa memperkuat ekonomi.

Hatta rajasa (15/12/2012) “Kita harus siapkan mental menjadi bangsa yang kuat. Oleh sebab itu, pahami konsep syukur. Kita dorong sarjana-sarjana kita untuk menjadi lebih baik. Kita melihat diperlukan jutaan entrepreneur (wirausaha) yang hebat untuk meneruskan perekonomian.”

Menurut Syarif Hasan menteri Koperasi dan UKM (15/1/2014) “Dalam 9 tahun terakhir (ekonomi Indonesia) tumbuh 6%. Pada tahun 2013 mencapai 5,7% tetap kedua terbesar di antara Negara-negara G20. Ini tidak lepas dari peran wirausaha.”

Syarif mengatakan, wirausaha berkontribusi besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, wirausaha juga terbukti mengurangi jumlah pengangguran dan angka kemiskinan.

Ketika semua orang berbondong-bondong ingin menjadi PNS, saya malah memilih membuat sebuah usaha handycraft. Alhamdulilah sudah terlihat hasilnya. Dengan modal awal yang tidak begitu besar. Saya memanfaatkan limbah dan sampah dari sekitar. Saya belajar semuanya dari awal, dari buku dan teman-teman crafter yang lain.

Untuk meraih kesuksesan menurut bapak Habibie (17/1/2013) “Kuncinya hanya satu, harus berorientasi pada pasar.”

Untuk menjadi wirausaha pemula, anda bisa mencari ide bisnis atau inspirasi dari browsing di internet. Melihat sekitar, melihat apa kesenangan dan kesukaan anda. Setelah itu anda bisa memilih salah satu keahlian yang bisa anda lakukan dengan serius.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar