Minggu, 29 Januari 2012

Tempat Pensil dari Kardus Bekas


Alat dan bahan
Kardus bekas, penggaris, pensil, cutter, kertas warna, lem kertas, lem bakar, selotip besar, gunting, kuas.

Cara pembuatan
Buat pola dari kardus bekas untuk badan kotak, ukuran persegi panjang. Misal ukuran lebar 30 cm dan tinggi 17 cm.  Bagi menjadi empat bagian, tandai dengan pensil untuk membuat badan kotak. Potong empat bagian dengan menggunakan cutter, namun tidak sampai putus, lipat atau lengkungkan irisan tersebut sehingga membentuk sebuah kotak utuh.

Buat pola segi empat untuk alas kotak, misal ukuran 10,5 cm x 10,5 cm. Jiplak pola-pola ini di kertas warna dengan melebihkan ukurannya 1 cm.

Sebelum dibuat sebuah kotak utuh lapisi dengan kertas warna. Satukan setiap sisi pola dengan selotip untuk membentuk kotak. Lapisi bagian luar kotak dengan kertas warna. Satukan badan kotak dengan alas menggunakan lem bakar.

Setelah menjadi kotak pensil, anda bisa mulai menghiasnya dengan hiasan clay sesuai dengan keinginan anda. Sebenarnya anda bisa menghiasnya dengan hiasan lain. Menggunakan bunga kering, quiling, atau yang lainnya. Namun disini saya lebih suka menggunakan hiasan clay dengan warna cerah, dan bentuk-bentuk hewan yang disukai anak-anak.

Selamat mencoba
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar