Selasa, 05 Oktober 2010

Bermain dengan Warna
















Ada yang bilang bahwa warna bisa memberikan efek pada kondisi fisik, mental dan emosi. Ada juga yang bilang bahwa terapi warna bisa memberikan efek perubahan secara psikologis.

Dulu warna favorit saya adalah hitam, tidak terlalu suka dengan warna-warna yang lain. Ini membuat hidup tidak terlalu ceria dan menarik. Lebih banyak pemikiran-pemikiran muram terlintas dalam pikiran. Lebih banyak menyiksa pikiran dengan hal-hal yang negatif. Secara psikologis kadang-kadang rasanya seperti orang gila.

Namun sejak mempelajari beberapa jenis kerajinan tangan, saya menjadi mengerti efek-efek dari warna-warna tersebut. Mempelajari warna-warna tersebut untuk dipadukan menjadi sebuah benda yang cantik. Dengan mengenal dan menghayati warna tersebut saya sekarang menjadi lebih ceria, dan terbuka pemikiran-pemikiran positif.


Berbagai macam warna itu telah membuka hati saya untuk menjadi pribadi yang ceria dan bersemangat. Hanya dengan melihat warna merah pada clay bisa membuat saya berimajinasi tentang bunga mawar. Warna oranye mengingatkan saya tentang matahari yang selalu bersinar dengan semangat. Oleh karena itu saya akan tetap bersemangat dalam memadukan warna-warna ini menjadi lebih cantik dan menarik.

Menurut Vijaya Kumar dalam bukunya Colour Therapy, berikut ini pengaruh warna-warna pada cakra manusia:

WARNA MERAH, berhubungan dengan cakra dasar, mempengaruhi vitalitas, seksualitas dan kesadaran. Diantaranya dapat meningkatkan energi.

WARNA ORANGE, berhubungan dengan cakra limpa yang mengatur sirkulasi dan metabolisme. Berhubungan dengan kegembiraan dan keceriaan.

WARNA KUNING, berhubungan dengan cakra solar plexus, mempengaruhi intelektual dan pengambilan keputusan. Membantu menstimulasi konsentrasi.

WARNA HIJAU, berhubungan dengan cakra jantung. Merupakan warna penyembuh karena mampu menyeimbangkan dan menstabilkan energi tubuh.

WARNA BIRU, berhubungan dengan cakra tenggorokan. Sangat menenangkan dan sangat baik untuk mengatasi insomnia.
WARNA UNGU, merupakan cakra mahkota. Berhubungan dengan energi dan fungsi tertinggu pikiran. Membantu meningkatkan rasa percaya diri.

WARNA HITAM, sering dipakai untuk menekan nafsu makan. Bagi yang ingin mengurangi berat badan, gunakan taplak berwarna hitam sebagai alas meja makan.

Karena terlalu banyak mengenakan pakaian warna hitam, aku tidak pernah bisa gemuk. Makan seberapapun banyaknya saya tetap saja kurus. Mungkin itu juga pengaruh dari warna hitam tersebut. Tetapi sekarang karena terlalu banyak bermain dengan berbagai macam warna, saya menjadi mudah gemuk dan susah sekali untuk menjadi kurus seperti dulu. Bukannya menyesal atau apa, saya bersyukur sekarang dapat mengenal warna-warni indah pelangi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar