Sabtu, 22 Oktober 2011

Hiasan Pensil dari Clay


Mari berkreasi dengan anak-anak kita. Menggunakan peralatan yang ada di sekitar kita. Agar anak-anak lebih kreatif dan bersemangat untuk belajar, menggunakan pensil dengan hiasan yang dibuat sendiri.

Alat dan bahan

Cetakan kue, lem putih, tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, gunting, lem bakar.

Cara membuat
Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras dengan komposisi 1:1:1, tambahkan lem putih (Pvc) secukupnya. Diaduk, di uleni menjadi satu sampai kalis dan tidak lengket.
Bagi menjadi beberapa bagian, setiap bagian diberi warna yang berbeda sesuai selera. Pewarnaan bisa menggunakan cat air, poster, atau akrilik.

Cara pembuatannya seperti membuat kue kering. Adonan clay ditipiskan tapi jangan terlalu tipis, dengan ketebalan 1 cm, dan dicetak menggunakan cetakan kue kering. Izinkan anak Anda untuk memilih bentuk-bentuk yang mereka sukai, seperti misalnya bentuk bintang, bulan, atau yang lainnya.

Setelah itu hiasan clay dapat diberi mata, hidung, dan mulut. Tunggu hiasan menjadi kering, dapat diangin-anginkan saja, atau dengan sinar matahari. Setelah kering dapat  dipasang dengan menggunakan lem alteco atau lem bakar di ujung atas pensil.

Agar lebih menarik anda bisa membuat hiasan hewan, caranya ada di [Daily Work] Membuat Clay Sapi, di sini atau kepala dari berbagai adat Nusantara.

Selamat berkreasi
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar