Selasa, 03 Mei 2011

Vas Bunga Daur Ulang












Vas bunga ini berbahan dasar kertas bekas. Setelah selesai mengerjakan skripsi, kertas-kertas menumpuk dan berserakan. Saya sedih melihatnya, karena saya termasuk orang yang mencintai hutan dan pohon-pohon. Pikir punya pikir akhirnya terbersit sebuah ide. Dulu saya pernah membeli buku tentang daur ulang sampah kertas. Akhirnya saya memutuskan untuk memanfaatkan kertas-kertas tersebut untuk dibuat menjadi benda yang berdaya guna.


Pertama saya menyobek kertas-kertas Hvs itu menjadi beberapa lembar kecil. Pada mulanya saya bingung bagaimana cara menggulung sobekan-sobekan kertas ini menjadi gulungan kecil (saya menyebutnya stick kertas) yang akan dianyam. Lalu saya mengambil lidi, membelahnya menjadi dua, memasukkan sebuah kertas, melipatnya, dan menggulungnya pelan-pelan. Akhirnya jadi sebuah stick kertas.


Ini tergantung dari bagaimana model benda yang akan anda buat. Saya membuat vas ini dengan ukuran lebar 7 cm, tinggi 22 cm, dengan menggunakan teknik anyaman.


Vas bunga ini mempunyai empat sisi yang sama, setiap sisi dianyam terpisah. Setiap sisi membutuhkan 31 stick kertas dengan panjang 7 cm, lebar kira-kira 3 cm yang disatukan (dianyam) pada 5 stick kertas dengan panjang 22 cm. Membuat vas bunga ini lumayan lama, karena awalnya saya tidak merencanakan model sama sekali, hanya ingin membuat dan berkreasi.

Saya tidak percaya akhirnya hasil kreasi saya berbentuk juga, walaupun belum sempurna dan bagus, saya puas dengan hasil ini. Untuk mempercantik vas bunga ini saya memutuskan untuk menghiasnya dengan hiasan clay. Sekarang vas ini tampak cantik dan menawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar